Cara Memulai Trading Saham Untuk Pemula

Trading Saham Untuk Pemula

Belajar Trading Saham untuk pemula memang tidak mudah, bagi seorang pemula biasanya akan menghindari melakukan trading saham karena mereka tidak memahami cara melihat harga saham harian dan juga takut belajar menganalisa gambar.

Sehingga akhirnya mereka lebih memilih mengambil jalur investasi long term atau jangka panjang. Meskipun investasi jangka panjang sangat baik dilakukan untuk masa depan Anda, namun trading saham juga menjadi hal yang sangat tepat jika Anda ingin memperoleh uang tambahan.

Untuk lebih jelasnya bagi Anda yang ingin memulai trading saham. Maka berikut akan diulas beberapa tips trading saham untuk pemula dengan mudah dan tentunya tepat.

Memulai Trading Dari Nominal Kecil

Trading saham merupakan salah satu investasi yang memiliki risiko tinggi, sehingga tidak semua orang cocok dibidang ini. Untuk itu, jika Anda tertarik untuk melakukan trading saham maka terlebih dahulu Anda harus memastikan jika bidang tersebut memang cocok dengan Anda.

Oleh sebab itu, bagi Anda seorang pemula ada baiknya mencoba trading saham dengan nominal yang kecil. Hal ini penting di perhatikan agar Anda tidak mengalami kerugian yang sangat besar.

Memilih Perusahaan Sekuritas

Apabila Anda sudah memiliki dana maka sebaiknya Anda juga perlu belajar investasi untuk pemula agar Anda bisa menganalisa trading dengan baik. Jika Anda sudah mempelajari dengan baik cara trading sahamnya maka Anda bisa mencari perusahaan sekuritas untuk Anda menamam sahamnya.

Memilih broker saham penting sekali diperhatikan agar Anda tidak merasa dirugikan. Apalagi jika Anda masuk ke dalam kategori trading yang freksuensi transaksinya lebih banyak dibandingkan dengan orang yang sekedar membeli dan menahannya saja.

Jangan Menggunakan Semua Modal Dalam Satu Transaksi

Bagi Anda yang seorang pemula ada baiknya tidak menggunakan seluruh modal hanya dalam sebuah transaksi. Walaupun modal Anda tidak diversifikasi, namun ada baiknya Anda menggunakan sedikit saja modalnya dan lainnya disimpan dengan baik terlebih dahulu.

Sehingga Anda bisa merasakan bermain trading sekaligus mengetahui cara penanganannya agar Anda tidak mengalami kerugian yang sudah dibatasi. Hal ini penting diperhatikan, sebab jika Anda menggunakan semua modal dan berakhir dengan rugi, maka hal tersebut tentunya dapat membuat Anda menjadi frustasi karena menggunakan modal yang terlalu banyak hanya untuk belajar trading.

Menghindari Saham Gorengan

Tips terakhir trading saham untuk pemula ialah menghindari saham gorengan. Saham gorengan memang cukup diminati oleh para trader senior, namun bagi Anda yang pemula sebaiknya menghindari saham gorengan.

Sebab saham gorengan sangat sulit dibaca dari sisi analisis terknikal, khususnya fundamental. Saham gorengan memiliki pergerakan yang sangat volatil dan menjadi tidak terprediksi dengan baik, karena pompomers dan sentimen menjadi salah satu faktor yang sangat dominan dalam pergerakan harga sahamnya.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin melakukan trading saham sebaiknya memilih saham yang gerakannya cenderung normal, second liner ataupun blue chip.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *