Tips Investasi Saham Bagi Pemula Supaya Untung

Tips Investasi Saham Bagi Pemula Supaya Untung

Investasi saham memang jenis investasi dengan keuntungan yang tinggi. Tak ayal, banyak orang yang tergiur untuk menginvestasikan uangnya ke dalamnya. Walaupun begitu, investasi saham juga memiliki beberapa resiko tinggi. Makanya, orang awam dan pemula agak ragu-ragu untuk investasi. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki peluang usaha bisnis online, berikut ini ada tips investasi saham bagi pemula.

Kenali resikonya

Sebelum benar-benar berinvestasi, Anda harus mengenali resiko yang akan terjadi. Terlebih lagi, jumlah saham di bursa efek juga beragam. Oleh karena itu, Anda harus mengenali karakter Anda sendiri, seperti apa. Bagi Anda yang memang tergolong orang yang nekat, tak ada salahnya untuk investasi saham pada kapasitas pasar kecil hingga menengah.

Sebaliknya, Anda yang memang tipe pemilih, lebih baik investasi saham pada BUMN atau saham blue chip. Pasalnya, kedua saham tersebut memiliki pergerakan yang lebih stabil dan likuid. Jadinya resiko yang timbul juga lebih kecil.

Pastikan tujuan investasi jelas

Setelah tahu apa resiko yang akan Anda hadapi, langkah investasi saham bagi pemula selanjutnya adalah mengetahui apa tujuan Anda berinvestasi. Apakah investasi ini ditujukan untuk jangka pendek, tabungan atau jangka panjang, seperti biaya pendidikan.

Sebagai pemula sangat disarankan untuk investasi jangka menengah saja. Pasalnya, kebutuhan investasi jangka panjang akan membuat Anda rugi. Hal ini dikarenakan adanya fee broker yang harus dibayarkan juga. Alhasil, untung tak banyak, malah harus membayar broker.

Ketahui waktu terbaik untuk jual dan beli

Menurut analisa, waktu yang tepat untuk menjual saham adalah bulan September dan Oktober, sedangkan untuk membeli adalah bulan Mei. Pasalnya, di bulan Mei merupakan musim libur sehingga membuat harga saham turun.

Sedangkan untuk bulan September dan Oktober, harga saham sedang naik. Jadinya, tak salah untuk menjualnya biar mendapatkan keuntungan.

Tentukan jumlah investasi

Apabila sudah mengenali kapan waktunya membeli saham. Langkah investasi saham bagi pemula yang baik adalah jangan langsung membeli dalam jumlah yang besar. Terlebih lagi, Anda adalah investor pemula yang masih awam dan meraba-raba. Pasti, tidak ingin bukan kecewa karena rugi besar, bahkan hingga bangkrut.

Saat ini sudah banyak investasi saham dengan modal yang kecil. Bahkan, ada juga investasi saham untuk mahasiswa dengan modal hanya 500 ribu saja. Alangkah baiknya, investasi saham hanya sebesar 5% saja dari seluruh kekayaan Anda untuk awalnya. Setelah perlahan-lama mengerti, boleh sedikit demi sedikit menaikan jumlahnya secara berkala.

Itu dia beberapa tips investasi saham bagi pemula yang bisa Anda lakukan. Investasi saham memang menguntungkan karena ada untung bagi hasil. Hanya saja, sebagai pemula jangan terlalu ambil resiko agar tak gigit jari nantinya

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *