Inilah Mengapa Investasi Saham Jangka Panjang Cocok Untuk Pemula

Mengapa Saham Investasi Jangka Panjang Cocok Untuk Pemula

Apakah Anda bingung untuk memilih investasi saham jangka panjang? Jika masih tidak yakin, mari melihat alasan-alasan mengapa banyak orang merekomendasikan jenis saham ini untuk pemula:

Memberikan Waktu Analisis yang Lebih Panjang

Jenis Investasi ini sangat direkomendasikan bagi pemula, karena saham investasi jangka panjang bisa berjalan tahunan, Anda tentu memiliki waktu banyak untuk mengevaluasi data dan info-info soal saham tersebut. Dari analysis ini, Anda tentu bisa menentukan apakah akan tetap invest di saham atau keluar.

Saat mengambil investasi jangka panjang, Anda harus pastikan analisa setiap hari jika ada informasi baru ataupun pergerakan pasar yang mempengaruhi nilai saham. Tapi hal ini tidak harus setiap saat seperti saat menghadapi saham jangka pendek. Saham jangka pendek mengharuskan Anda siaga setiap jamnya, karena jika luput waktu sedikit saja, Anda bisa kehilangan keuntungan ataupun malah merugi.

Informasi dan Data Saham Lebih Mudah Dipantau

Pada saham jangka panjang, Anda bisa memiliki sumber informasi yang lebih lengkap dan detail dibandingkan dengan jangka pendek. Hal seperti laporan tahunan keuangan perusahaan, informasi perkembangan cabang dan hal-hal lain seputar perusahaan tersebut, tentu bisa jadi alat untuk analisis saham yang mereka miliki.

Menggunakan data dan informasi yang lebih baik ini, Anda tentu bisa membuat analisa tentang saham yang lebih baik. Menggunakan informasi ini, Anda juga bisa memprediksi perkembangan nilai saham perusahaan dengan lebih baik juga. Dari prediksi ini, banyak pelaku saham yang bisa mendapatkan untung lebih baik karena lebih banyak tahu.

Tergolong Lebih Stabil

Pergerakan saham dalam jangka panjang tentu lebih jelas dan jarang sekali mengalami perubahan nilai yang ekstrim. Karena hal ini, banyak orang menjuluki saham jangka panjang, low risk investment. Tentu karena hal ini, penghasilan Anda juga lebih stabil walaupun harus menunggu lama untuk return-nya.

Saat Anda terjun ke investasi saham jangka panjang ini, Anda tidak akan terlalu aktif berhubungan dengan sisi bisnis jual beli saham. Anda lebih berada pada posisi hold dan menunggu perkembangan saham beberapa tahun kedepan sambil terus menganalisa. Walaupun terlihat biasa, jenis saham jangka panjang, tentu lebih aman dicoba bahkan bagi para pemula.

Lebih dapat Menghasilkan Besar Karena Efek Compounding

Efek compounding adalah pemasukan karena bunga bergulung yang bisa Anda nikmati setelah memegang saham lebih dari satu tahun. Besaran bunga ini tentu selalu berkembang selama saham perusahaan yang Anda pegang tidak anjlok nilainya.

Keuntungan ini tentu sangat menarik bagi Anda yang ingin mendapatkan pemasukan pasif utnuk keperluan jangka panjang. Walaupun begitu, Anda harus sabar, karena efeknya tidak terasa langsung.

Sekian bahasan tentang saham investasi jangka panjang. Semoga setelah tahu informasi ini, Anda bisa menentukan memilih bentuk investasi yang paling cocok untuk Anda. Terima kasih sudah membaca!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *