3 Langkah Cara Menjadi Investor Saham

Langkah Cara Menjadi Investor Saham

Ingin tahu cara menjadi investor saham secara umum? Berikut adalah 3 langkah yang harus Anda ketahui!

Mengambil Partner Broker Saham

Langkah pertama dalam cara menjadi investor saham tentunya adalah dengan mengambil partner broker yang akan memberi akses bisnis jual beli saham. Di Indonesia, layanan broker ini lebih dikenal sebagai sekuritas. Menggunakan layanan dari sekuritas ini, Anda bisa bebas bertransaksi saham dengan lebih mudah dan efektif.

Namun sebelum Anda memilih partner ini, Anda sebaiknya siapkan dulu dana modal yang akan digunakan untuk investasi saham. Besaran dana yang dapat digunakan minimal untuk transaksi biasanya berbeda setiap sekuritasnya. Di Indonesia, Anda mungkin akan menemukan broker dengan modal awal 100 ribu Rupiah. Tapi nilai ini sangat kecil dan hanya akan menyulitkan mencari keuntungan.

Harga saham yang murah dan bisa dibeli dengan modal 100 ribu Rupiah tentu ada, tapi biasanya kurang liquid dan hanya menghasilkan keuntungan kecil. Agar dapat memberikan hasil yang lumayan, paling tidak Anda memiliki modal diatas 1 juta Rupiah untuk keperluan investasi ini.

Setelah uang modal sudah ada, cari tempat sekuritas yang menerima batasan uang modal Anda. Di Indonesia, sudah terdaftar 116 nama broker yang diakui oleh Bursa Efek Indonesia. Cari tahu info mereka sebelum memilih yang paling cocok untuk Anda.

Jika sudah research dan menentukan pilihan, daftarkan diri Anda ke sekuritas ataupun broker tersebut. Untuk pendaftaran, Anda akan memerlukan surat – surat seperti KTP, NPWP dan sejumlah dana untuk materai. Proses pendaftaran ini biasanya bisa dilakukan langsung melalui kantor sekuritas, telepon ataupun email.

Belajar Tentang Saham dan Lakukan Analisis

Setelah Anda mendapatkan partner broker, langkah cara menjadi investor saham berikutnya adalah dengan belajar. Dalam hal investasi, Anda harus tahu informasi fundamental dan teknikal tentang saham yang Anda beli. Informasi seperti kondisi keuangan perusahaan, sejarah performa perusahaan serta trend kedepan tentang perusahaan tersebut bisa jadi basis untuk investasi. Jika Anda tahu soal info-info tersebut, tentu Anda akan bisa mengolah data-nya dan melakukan analisa.

Dari analisa ini, Anda akan bisa membuat prediksi saham mana yang akan memberi Anda keuntungan dan apa saja resikonya. Menggunakan pengetahuan ini, Anda bisa menjual dan membeli saham pada waktu yang tepat sehingga lebih mendapat keuntungan.

Untuk belajar hal ini, Anda bisa memanfaatkan tutorial di internet, buku atau bahkan kelas kursus. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, tentu sense investasi Anda akan lebih tajam. Jika sudah begitu, Anda tentu akan mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Mulai Jual Beli Saham

Nah, setelah mendapat bekal ilmu, Anda sekarang siap untuk praktek. Broker partner Anda biasanya sudah menyediakan program ataupun aplikasi yang membantu Anda melakukan transaksi. Dalam alat ini, Anda bisa melihat dinamika saham-saham yang bisa Anda beli ataupun jual.

Sebagai tips, pastikan mulai transaksi dengan menggunakan 10% dari total modal Anda per sesi. Hal ini sebagai langkah preventif agar Anda tidak melakukan transaksi secara berlebihan. Jumlah ini juga memastikan Anda masih memiliki modal semisal mengalami kerugian dalam transaksi Anda.

Sekian bahasan langkah-langkah memulai investasi saham. Semoga Bermanfaat!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *