Cara Membuat CV (Resume) Yang Keren dan Eye Catching

Cara Membuat CV adalah langkah pertama yang harus kalian lakukan sebelum melamar pekerjaan, kalian harus tahu apa saja hal yang harus dimasukkan ke dalam resume ini sebelum melamar pekerjaan. Resume adalah ringkasan satu halaman atau lebih dari pengalaman kerja dan Pendidikan terakhir kalian. Para Rekruiter akan mencocokkan resume kalian dengan lowongan pekerjaan yang tersedia untuk mengevaluasi apakah kalian cocok atau tidak untuk menempati posisi tersebut. Karena itu, penting untuk membuat resume kalian menjadi representasi diri kalian yang baik.

Begini Cara Membuat CV, Langkah Demi Langkah:

1. Tentukan Jenis Resume Yang Kalian Inginkan

Ada tiga jenis resume: kronologis, fungsional, dan kombinasi. Kalian mungkin ingin mempertimbangkan lebih dari satu format resume jika kalian ingin melamar beberapa lowongan pekerjaan.

  • Kronologis

Ini adalah format paling klasik dan daftar pengalaman sesuai dengan urutan di mana mereka terjadi. Resume ini umumnya menarik bagi pembaca yang lebih tua dan mungkin paling cocok untuk bidang yang konservatif.

  • Fungsional

Ini adalah jenis resume yang mencantumkan pengalaman kalian sesuai dengan keahlian. Ini adalah format yang digunakan jika Anda mengubah arah karier (dan kurang pengalaman kerja langsung). Karena ini menunjukkan keahlian kalian terlebih dahulu dan juga pengalaman kerja.

  • Kombinasi

Menggabungkan aspek terbaik dari gaya kronologis dan fungsional. Hati-hati dengan panjang untuk format ini; resume dapat dengan cepat menjadi panjang.

2. Buatlah Header

Header harus menyertakan nama, nomor telepon, dan alamat email kalian jika kalian berencana untuk mengirim resume kalian secara online.

Gunakan nomor telepon yang kalian gunakan sehari-hari untuk menjawab panggilan dari perusahaan dan atau mengubah pesan suara yang masuk ke pesan yang lebih profesional jika perlu.

Pastikan alamat email kalian terlihat profesional. Jika alamat email Anda saat ini, misalnya, adalah [email protected] atau [email protected], saatnya untuk membuat email baru, seperti [email protected] atau [email protected]

3. Buatlah Summary atau Perkenalan Singkat Mengenai Diri Kalian

Dalam satu atau dua kalimat, rangkum pengalaman kerja dan keterampilan kalian yang relevan. Buatlah ini lebih menarik dan tetap sederhana. Ringkasan ini dapat bermanfaat untuk menjelaskan mengapa kalian melamar posisi lowongan yang tersedia.

4. Tulis Semua Pengalaman atau Keterampilan Kalian

Dimulai dengan pengalaman kerja kalian yang terbaru atau saat ini, daftarkan juga pengalaman kerja Anda sebelumnya.

  • Bagian ini menunjukkan di mana kalian telah bekerja dan kapan. Ini juga menyatakan pencapaian spesifik untuk setiap posisi atau pekerjaan.
  • Di sinilah konten dapat membuat resume kalian akan terlihat sangat menarik, jadi kalian harus selektif dalam memilih hal apa saja yang akan kalian masukkan dalam bagian ini
  • Pilih pengalaman yang tampaknya paling relevan dengan posisi yang kalian cari. Untuk inspirasi, pikirkan pekerjaan penuh waktu atau paruh waktu, pekerjaan sampingan, magang, kerja lapangan dan proyek khusus.
  • Jangan khawatir apakah pengalaman Anda “cukup baik atau tidak” Para rekruiter mengagumi orang-orang yang mau bekerja keras di berbagai posisi.
  • Selalu mulai setiap pencapaian dengan kata kerja prestasi, seperti accelerated, achieved, expanded, influenced, solved, maintained, generated, effected, advised, controlled, trained or utilized. (Jika kalian membuat CV Bahasa Inggris)

5. Sebutkan Semua Penghargaan Yang Kalian Capai

Ketika kalian telah dikenali oleh orang lain, Kalian harus memberi tahu hal potensial tentang hal itu. Tetapi jika kalian belum menerima penghargaan apa pun, lewati saja bagian ini.

6. Daftarkan Minat Pribadi Kalian Atau Hoby

Bagian ini menunjukkan kalian adalah orang yang berpengetahuan luas dan orang-orang ingin tahu dan mau bekerja sama. HRD sering menggunakan bagian ini pada awal wawancara untuk memecahkan kebuntuan.

Minat kasual lebih baik untuk tidak dicantumkan (mis. Tidur siang, menonton reality TV, bergosip). Langkah resume ini dianggap opsional. Jika kalian mengalami masalah dalam hal minat, atau merasa resume kalian sudah lengkap, silakan tinggalkan saja.

Itulah Langkah-langkah cara membuat CV supaya terlihat menarik di mata HRD, Semoga Bermanfaat!

Categories General

Leave a Comment

close