Cara Membeli Saham Online Di Bursa Efek Indonesia

Cara Tanam Saham Online Di Bursa Efek Indonesia

Cara Membeli Saham Online – Perdagangan jual beli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dilakukan secara otomatis dari sistem jaringan komputer yang tentunya saling terhubung.

Nah, untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membeli saham online di BEI, maka akan dipaparkan pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Buat Rekening Saham

Cara membeli saham online dengan mudah tentunya diawali dengan membuat atau membuka rekening saham pada perusahaan sekuritas. Saat ini, beberapa sekuritas menawarkan investasi saham Indonesia yang pembukaan rekening awalnya tidak terlalu besar.

Untuk lebih pasti mengenai saldo awal minimal, maka anda dapat menghubungi salah satu perusahaan sekuritas. Nah, data-data yang dibutuhkan ketika pembukaan rekening adalah sebagai berikut.:

  • Copy identitas
  • Copy buku rekening tabungan
  • Data ahli waris
  • Data pekerjaan atau usaha
  • Data alamat tempat tinggal

2. Pilih Saham

Jika anda sudah membuka rekening saham, kemudian menyetorkan dana awal minimal yang telah disyaratkan perusahaan sekuritas. Maka cara tanam saham online selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu melakukan pemilihan saham yang akan anda beli sebelum benar-benar melakukan pembelian.

Dalam memilih saham, maka dibutuhkan analisa-analisa mengenai kondisi perusahaan bersangkutan. Apakah perusahaan tersebut berkembang, sehat, keuntungan yang selalu meningkat, dan berbagai hal lainnya. Sehingga dengan mengetahui beberapa hal ini, peluang usaha bisnis online bisa anda dapatkan dengan mudah.

Hal ini juga dikenal dengan analisa fundamental. Selain itu, anda juga harus menentukan timing dengan cara melihat grafik harga saham. Apakah ingin dibeli sekarang, atau anda menunggu beberapa hari lagi. Nah, hal ini disebut juga dengan analisa teknikal.

3. Beli Saham

Jika anda sudah melakukan sedikit riset mengenai saham apa yang akan anda beli, maka anda dapat melakukan pembelian saham itu sendiri. Nah, salah satu cara tanam saham online dengan mudah yang bisa anda lakukan adalah melalui broker.

Anda bisa menyuruh order pembelian melalui broker anda, baik itu secara langsung (untuk anda yang sedang berada di kantor broker) maupun melalui telepon.

4. Jual Saham

Setelah anda membeli saham, maka saatnya anda menjual saham. Tentunya anda harus selalu memantau pergerakan harga saham yang telah anda beli. Ketika harga sahamnya lebih tinggi dari harga beli, maka tidak ada salahnya jika anda menjual saham tersebut agar bisa memperoleh keuntungan.

Istilah dibursanya yaitu Take Profit atau Profit Taking. Bahkan, anda juga dapat langsung menjual saham yang baru saja dibeli ketika saham tersebut langsung bergerak. Hal ini disebut juga dengan day trading saham.

Itulah berbagai langkah bagaimana cara tanam saham online yang tentunya sangat mudah untuk anda lakukan. Selamat memulai investasi saham

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *