Cara Investasi Reksadana Yang Mudah Dan Menguntungkan

Cara Investasi Reksadana Yang Mudah Dan Menguntungkan

Percayalah, jangan pernah menunggu hari tua jika ingin memulai berinvestasi. Karena investasi akan menjaga kehidupan keuangan anda di masa depan.

Nah, salah satu investasi yang bisa anda coba adalah reksadana. Namun, bagaimana cara investasi reksadana? Yuk ketahui langkah-langkahnya di bawah ini.

Tentukan tujuan

Langkah pertama yang harus anda ketahui bagaimana cara investasi reksadana yang mudah adalah menentukan tujuan anda menginvestasikan uang untuk membeli reksadana.

Apakah digunakan sebagai modal anak sekolah, sebagai dana pensiun, atau sebagai rumah masa depan. Hal ini tentunya berhubungan dengan jangka waktu investasi maupun jenis reksadana yang tepat untuk diri anda.

Karena, percuma saja jika anda berinvestasi tanpa memiliki tujuan yang jelas. Biasanya, ada berbagai tujuan yang digunakan oleh orang-orang untuk berinvestasi reksadana. Untuk itu, pikirkan dulu hal ini ya. Tentunya sangatlah penting belajar investasi untuk pemula agar anda tidak salah pilih.

Ketahui Jenis Reksadana

Bagaimana cara berinvestasi reksadana memang sangat penting untuk anda ketahui. Namun selain itu, sebelum anda menginvestasikan uang di reksadana, maka sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis reksadana.

Ada berbagai jenis reksadana, dari mulai reksadana pendapatan tetap, campuran, pasar uang, terproteksi, saham, dollar, syariah, index, hingga penyertaan terbatas. Adapun reksadana yang populer saat ini adalah sebagai berikut.

  • Reksadana pasar uang. Pada dasarnya reksadana pasar uang seluruhnya ditempatkan di obligasi, Sertifikat Bank Indonesia, dan deposito. Reksadana ini relatif lebih aman jika dibandingkan dengan reksadana lainnya.
  • Reksadana pendapatan tetap, dananya akan dialokasikan ke obligasi minimal 80%. Sedangkan return-nya lebih tinggi jika dibandingkan dengan reksadana pasar uang.
  • Reksadana terproteksi, tentunya menempatkan sebagian dananya pada instrumen obligasi yang bisa memberikan perlindungan akan nilai investasi ketika jatuh tempo.
  • Reksadana campuran. Sesuai dengan namanya bahwa reksadana campuran mengalokasikan dananya dari mulai saham, obligasi, hingga deposito. Hasil return-nya pun lebih tinggi jika dibandingkan dengan reksadana pendapatan tetap.
  • Reksadana saham. Reksadana ini menempatkan dananya minimal 80% ke dalam saham. Dengan begitu, anda akan berpotensi memperoleh keuntungan yang paling besar jika dibandingkan dengan reksadana lain.

Menentukan Jangka Waktu Investasi Reksadana

Langkah selanjutnya bagaimana cara berinvestasi reksadana yang mudah adalah menentukan jangka waktu investasi. Pada dasarnya berinvestasi reksadana memerlukan jangka waktu yang berbeda-beda. Dari mulai kurang dari setahun, 1-3 tahun, hingga lebih dari 5 tahun.

Nah, untuk jangka waktu yang kurang dari setahun, maka sebaiknya anda bisa memilih reksadana pasar uang. Sedangkan investasi 1-3 tahun, maka anda bisa memilih reksadana pendapatan tetap. Sedangkan, reksadana 5 tahun, maka gunakanlah reksadana saham.

Itulah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui bagaimana cara berinvestasi reksadana. Semoga Bermanfaat

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *