5 Cara Bermain Trading Saham Online Supaya Profit

Cara Bermain Trading Saham Online Supaya Profit

Peluang usaha bisnis online sekarang ini sangat mudah, terlebih investasi saham. Pasalnya, untuk bisa investasi saham dulu, Anda harus melalui broker. Sekarang investasi saham online bisa dilakukan hanya dengan laptop dan koneksi internet.

Keuntungan lagi bukti kepemilikan saham sudah dalam bentuk digital. Ada yang mengatakan cara trading saham online itu tidak mudah. Sebenarnya, tak sulit, kalau Anda memang tahu triknya. Apa saja itu? Berikut tipsnya.

5 Cara Trading Saham Online Supaya Profit:

1. Beli Saham Online Yang Pergerakannya Cenderung Stabil dan Likuid

Cara trading saham online paling mudah adalah membeli saham yang memang cenderung stabil. Bahkan mudah diperdagangkan. Dengan saham yang likuid ini, Anda tidak akan mengalami kesulitan menjualnya. Bahkan tak perlu waktu lama untuk menjualnya.

Bagi Anda yang memang ingin menjadi trader, saham likuid maupun non-likuid juga harus diperhatikan. Sebaliknya, bagi Anda yang hanya ingin memiliki saham online saja untuk investasi jangka panjang, maka tidak masalah tidak membeli saham likuid. Setidaknya, Anda masih mendapatkan untung perusahaan. Hanya saja juga harus selektif dalam memilihnya.

2. Jual Saat Hijau, Beli Saat Merah

Prinsip investasi saham semuanya sama, beli saat turun, jual saat naik. Jika memperhatikan grafik, warna merah menandakan harga saham turun. Jadi waktu yang tepat untuk membeli. Sedangkan warna hijau menandakan harga naik. Jadi waktu yang tepat untuk jual.

Prinsip cara trading saham online yang satu ini bisa Anda gunakan bagi yang memang pemula. Tidak ketinggalan untuk selalu update berita yang ada sehingga bisa tahu kapan waktunya beli saham.

3. Gunakan Analisis Fundamental dan Teknikal

Banyak orang yang menyamakan investasi saham online dengan judi. Padahal cara trading saham online dibutuhkan analisis dan tidak asal tebak seperti judi. Jadi sebelum membeli saham, diperlukan analisis terlebih dahulu, yakni analisis fundamental dan teknikal.

Analisis fundamental membantu Anda mengetahui perusahaan melalui laporan keuangan dan kinerjanya. Sedangkan, analisis teknikal dilakukan untuk mengetahui pergerakan harga saham sebelumnya. Dari sana, Anda bisa mengetahui dan membaca grafik.

4. Kenali Istilah Blue Chip, Junkstock dan Second Liner Dalam Saham Online

Ada beberapa istilah penting yang harus Anda kenali untuk cara trading saham online, yakni blue chip, second liner dan junk stock. Dengan begitu, Anda bisa mengelompokan jenis – jenis saham menurut kapitalisasi pasarnya.

Untuk saham blue chip memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 40 triliun. Sedangkan, second liner ada dua kapitalisasi, yakni 500 milyar dan 10 triliun. Terakhir, junk stock memiliki kapitalisasi pasar di bawah 500 miliar.

5. Jangan Mengikuti Beli Saham Yang Harganya Cepat Naik

Pasti Anda akan tertarik dengan saham yang harganya selalu naik. Tentu saja, Anda boleh membelinya. Hanya jangan ikut-ikutan kalau belum yakin.

Pasalnya, bisa saja saham tersebut merupakan saham junk stock. Apabila sudah banyak yang beli, sudah saat menjual saja. Jangan sampai hingga ketinggalan momen dalam menjual saham. Semoga Bermanfaat!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *