Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil

Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil

Dulunya untuk bisa mulai investasi saham dibutuhkan modal sekitar 10 juta untuk memulainya. Namun sekarang ini dengan modal kecil saja, Anda bisa bermain saham.

Yup dengan 100 ribu saja, peluang usaha bisnis online bisa cukup menguntungkan dengan bermain saham dengan modal kecil. Memang kebanyakan orang masih memandang bahwa bermain saham merupakan hal yang sulit dan hanya dilakukan kalangan atas dengan modal besar.

Padahal tak sepenuhnya hal tersebut benar. Bermain saham dengan modal kecil dengan 100 ribu saja bisa dilakukan. Bahkan, Anda sudah bisa menjadi trader.

Bermain saham dengan modal kecil

Salah satu bisnis saham dengan modal kecil yang bisa memfasilitasi Anda adalah Reksa dana. Disini, Anda bisa mengetahui bagaimana cara memulai untuk bermain saham di bursa saham. Kalau memang ingin serius, memang bermain saham modal kecil tidak akan cukup. Dibutuhkan waktu lama guna mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Bahkan, modal kecil saja untungnya juga tidak terlalu besar. Namun, dengan modal kecil bisa dikatakan sebagai tahap awal untuk belajar bisnis dengan Reksa Dana. Setelah memiliki pengetahuan yang cukup, tak apa sedikit merogoh kocek untuk mendapatkan keuntungan.

Bermain sendiri atau dengan manager?

Ada alasan mengapa bermain di bursa saham tidak perlu terlalu tahu, karena memang adanya manajer investasi yang akan membantu Anda dalam pengelolaan saham. Bahkan, untuk Anda yang masih pemula akan sangat terbantu dengan jasa manajer investasi ini. Belum lagi, Anda bisa menggantinya kalau hasilnya tak memuaskan.

Namun Anda juga bisa melakukan sendiri. Di mana, saham bisa Anda langsung beli di bank tanpa harus melalui manajer investasi lagi.

Pahami cara kerjanya

Untuk bisa bermain saham modal kecil, tentu Anda harus bisa memahami cara kerja. Bukan waktu yang singkat untuk mempelajari investasi saham. Harga saham yang naik turun dengan cepat harus dicermati dan diprediksi dengan baik. Sebenarnya, investasi saham prinsipnya sama, yakni menjual saat harga naik dan beli saat harga turun.

Selain itu, faktor intuisi juga sangat penting untuk membaca pergerakan saham. Fluktuasi harga saham yang cepat membuat investasi reksa dana merupakan salah satu investasi saham terbaik bagi Anda yang memang ingin investasi jangka panjang, 5 hingga 10 tahun.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu dipahami saat akan bermain saham di reksa dana. Mulai dari membandingkan beberapa dokumen yang memuat informasi akan rencana pengembangan perusahaan. Kemudian cermin performa reksa dana dalam beberapa waktu yang lalu dan perkirakan pergerakan ekonomi yang masa datang.

Simulasi investasi saham modal kecil

Untuk bisa lebih jelas dalam bermain saham modal kecil, ada simulasi kecil yang bisa Anda lihat. Misalnya, sebuah perusahaan menjual saham dengan harga Rp. 2000 per lembar. Kemudian Anda membeli sebanyak 100 lembar. Modal yang harus Anda keluarkan adalah Rp. 200.000. Setelah beberapa bulan, rupanya harga saham naik menjadi Rp. 2.500. Jadinya keuntungan yang didapatkan

Harga jual – dana investasi = (2.500 x 100) – 200.000 = 250.000 – 200.000 = 50.000.

Namun ingat untung tersebut bukan bersih. Masih ada beberapa biaya lainnya yang harus dibayarkan, yakni biaya pembelian, biaya penjualan dan biaya pengalihan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *