Cara Bermain Bursa Saham Bagi Pemula yang Ingin Belajar

Cara Bermain Bursa Saham Bagi Pemula yang Ingin Belajar

Ingin tahu cara bermain bursa saham bagi pemula? Mari lihat langkah-langkahnya berikut ini!

Pilih Broker dengan Biaya Transaksi Kecil

Jika Anda ingin bermain bursa saham, Anda tentu perlu mitra broker dan sekuritas. Setiap Anda transaksi, tentu Anda perlu jasa mereka untuk membuat proses lebih praktis. Biasanya setiap broker akan memiliki aplikasi sendiri untuk membantu Anda jual beli saham. Jika tanpa bantuan broker, Anda terpaksa harus pergi ke bursa saham sendiri dan melakukan pembelian manual. Hal ini tentu akan merepotkan.

Perlu diketahui walaupun mitra broker sangat membantu, mereka termasuk dalam bisnis jual beli saham untuk cari keuntungan. Karena itu biaya yang dikenakan untuk menggunakan jasa mereka tidak boleh dianggap remeh. Pembayaran jasa mereka biasanya dikenakan setiap transaksi dilakukan. Jika ingin potongan uang Anda tidak terlalu besar, pastikan memilih broker dengan biaya transaksi yang kecil

Jangan Terlalu Takut Tapi Juga Jangan Terlalu Berani

Keuntungan yang Anda dapat dalam transaksi bursa saham tentu tergantung dari besaran harga lot yang Anda beli. Pada aplikasi jual beli saham yang Anda dapat dari broker, banyak uang yang bisa Anda top up di situ tentu ada bisa banyak. Biasanya bagi pemula, uang yang masuk ditentukan oleh broker. Ada yang minimal 1 juta Rupiah tapi ada juga yang minimal 10 juta Rupiah.

Uang ini merupakan pegangan Anda sebagai modal. Saat transaksi diharapkan Anda bisa mengembangkan jumlahnya sampai saat tutup periode. Sebagai tips untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya Anda jangan membeli banyak dulu saat masih belajar. Batasi transaksi Anda sebesar 10% dari total modal Anda untuk transaksi.

Tapi jangan salah 10% ini jangan Anda kurangi jumlahnya. Jika hanya bermain dengan persenan kecil dari modal, tentu Anda hanya akan dapat untung kecil. Jadi cari cara main bursa saham dengan menggunakan semua uang di 10% ini.

Saham Perbankan atau Consumer Goods Sebagai Pilihan Awal

Saham perbankan dan consumer goods adalah dua jenis saham perusahaan yang sangat cocok dibeli bagi pemula. Kedua perusahaan ini biasanya selalu untung dari tahun ke tahun selama kondisi ekonomi masih normal. Operasi perusahaan jenis tersebut juga dekat dengan masyarakat, jadi sebagai pemula Anda bisa melihat berita dan prospeknya secara lebih mudah.

Jika Mengalami Rugi, Jangan Terlalu Gegabah

Dalam menjalani cara main bursa saham pemula, tentu saja Anda bisa mengalami rugi. Tapi ingat, Anda tidak boleh panik. Jika melihat ada nilai saham yang anjlok setelah Anda beli, pastikan melakukan analisis penyebabnya. Jika penurunan ini dinilai hanya sebentar dan akan naik lagi, jangan lepas saham Anda. Tapi jika prospeknya tidak bagus, Anda baru lepas. Jangan terlalu panik melihat saham turun, analisa dulu sebelum ambil keputusan.

Untuk Pemula Lebih Aman Bermain Saham Jangka Panjang

Nah, karena pemula terkadang lambat dalam melakukan analisa, Anda lebih baik memilih bermain saham jangka panjang. Bermain di area saham ini biasanya memberikan waktu yang cukup lama bagi Anda untuk melihat trend dan prospek saham kedepannya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *