Tips Bisnis Saham Untuk Pemula Agar Terhindar Dari Kerugian

Tips Bisnis Saham Untuk Pemula Agar Terhindar Dari Kerugian

Tips Bisnis Saham Untuk Pemula – Bisnis jual beli saham merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan serta menguntungkan. Sebab jika Anda ahli dalam jual beli saham, maka kemungkinan besar Anda bisa memperoleh keuntungan yang sangat besar dan juga menjadi investasi untuk masa depan Anda. Umumnya jual beli saham di BEI dilakukan secara otomatis melalui sebuah sistem jaringan komputer yang saling terhubung atau disebut dengan trading saham online.

Perlu Anda ketahui, meskipun jual beli saham termasuk bisnis yang sangat menguntungkan, namun patut diketahui jika bisnis ini juga memiliki risiko yang sangat tinggi. Untuk itulah, jika Anda ingin memperoleh keuntungan yang maksimal dan terhindar dari risiko maka Anda patut memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Mengenal Saham, Keuntungan Serta Risikonya

Bisnis Saham merupakan salah satu bukti penanaman modal di sebuah perusahaan ataupun perseroan terbatas. Saham juga diartikan sebagai alat bukti kepemilikan atas perusahaan atau badan usaha tertentu. Oleh sebab itu, jika Anda berinvestasi saham maka tandanya Anda sudah membeli saham dari sebuah perusahaan. Pada dasarnya, jika membahas tentang saham memang tidak luput dari pembahasan keuntungan serta risikonya.

Perlu diketahui, jika dilihat dari segi keuntungan maka para investor bisa berpotensi memperoleh dua keuntungan investasi saham yaitu keuntungan dari dividen perusahaan serta keuntungan dari selisih harga jual beli saham atau disebut dengan capital gain. Capital gain ini bisa diperoleh ketika Anda menjual saham saat harganya naik melebihi harga beli saham tersebut.

Selain keuntungan, bermain saham juga memiliki risiko besar yaitu saat harga saham menjadi anjlok. Biasanya saham anjlok diakibatkan karena perusahaan tidak memperoleh keuntungan dan juga perusahaan penerbit saham mengalami kebangkrutan. Untuk itulah, Anda haruslah cerdas dan teliti jika ingin terjun ke dunia bisnis jual beli saham.

Cara Main Bursa Saham Yang Tepat

Bagi para investor pemula yang ingin terjun ke bisnis jual beli saham. Maka patut mengetahui cara bermain saham yang aman agar investasi yang dilakukannya tidak berisiko tinggi dan tentunya bisa menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang. Perlu diketahui, tanpa pemahaman yang matang maka investasi yang Anda lakukan dengan bermain di bursa saham dapat membuat Anda menjadi buntung.

Bisnis Saham untuk pemula memang memiliki risiko tinggi karena para investor bisa saja mengalami kerugian yang berbentuk capital loss, namun jika Anda cerdas dalam bermain saham maka Anda bisa meraup keuntungan hingga 20 persen ataupun lebih. Untuk lebih jelasnya berikut akan diulas mengenai cara bermain bursa saham yang tepat, yaitu:

  • Memilih Sekuritas Dengan Biaya Transaksi Kecil

Dalam berinvestasi saham memang diharuskan membuka sebuah rekening efek ataupun rekening dana nasabah yang biasanya difasilitasi olehperusahaan-perusahaan sekuritas. Setelah rekening dibuat, maka Anda harus top up uang atau modal pertama ke dalam rekening efek.

Uang di dalam rekening efek itulah yang nantinya berguna sebagai e-money untuk Anda membeli saham-saham secara online. Perlu diketahui, biaya transaksi merupakan biaya pembelian dan penjualan saham yang nantinya akan menjadi sumber pendapatan bagi perusahaan broker yang bersangkutan. Nah, apabila biaya transaksi semakin kecil maka investor juga semakin untung.

  • Memilih Saham Di Indeks Lq45 atau IDX30

Pada dasarnya indeks saham yang dikeluarkan oleh BEI atau Bursa Efek Indonesia merupakan ukuran statistik perubahan gerak harga dari berbagai kumpulan saham yang sudah dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Nah, jika Anda tidak ingin bingung maka sebaiknya Anda memilih saham yang tergabung di indeks LQ45 ataupun IDX30.

Hal ini penting diketahui, saham-saham yang tergabung di indeks tersebut mempunyai likuiditas yang sangat tinggi dan fundamental perusahaannya pun dinilai baik. Sehingga tidak mengherankan, jika saham-saham yang tergabung ke dalam indeks tersebut sering disebut blue chip.

  • Membeli Saham Perbankan atau Consumer Goods

Bagi para pemula yang sudah familier dengan saham yang ada di indeks LQ45 atau IDX30 maka kini Anda bisa melakukan pembelian saham, baik itu saham perbankan maupun cunsumer goods. Bagi para pemula memilih saham perbankan dan perusahaan di bidang consumer goods yang sudah besar bisa Anda jadi pertimbangan yang tepat.

Sebab perusahaan-perusahaan tersebut menawarkan produk-produk yang digunakan oleh masyarakat, sehingga dalam setahun perusahaan tersebut bisa memperoleh keuntungan yang sangat signifikan.

  • Apabila Mengalami Kerugian, lakukan average down

Apabila Anda melihat portfolio mengalami kerugian hingga 2 persen di salah satu saham, maka sebaiknya Anda membeli saham yang harganya lagi turun. Nah, cara bermain trading saham yang satu ini dikenal dengan istilah average down yang merupakan sebuah strategi investasi dengan melakukan pembelian secara bertahap saat harga saham di pasar sedang mengalami penurunan.

Dengan bermain saham seperti ini maka Anda bisa membuat nilai investasi tidak ikutan terjun bebas dan malah akan mengikuti kondisi pasar. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jenis pilihan sahamnya, baik itu saham investasi jangka panjang maupun jangka pendek.

  • Mempelajari Strategi Investasi Saham

Pada dasarnya Anda memang bisa mempercayakan investasi saham pada broker ataupun manager investasi yang sudah dipercayai. Meskipun begitu, jika Anda berniat bermain saham online untuk memperoleh keuntungan yang maksimal maka Anda membutuhkan sebuah strategi khusus. Untuk itu, Anda harus mempelajari dan memiliki strategi yang tepat mulai dari memilih saham hingga menentukan waktu yang tepat untuk melakukan transaksi jual beli saham.

Selain mengetahui dan memahami seluk beluk saham, ada baiknya Anda mencari informasi mengenai dunia investasi saham, mulai dari pergerakannya hingga lainnya yang diperlukan. Hal ini sangat penting diketahui agar Anda bisa mengetahui informasi terkait perusahaan yang menerbitkan saham, apakah masih memiliki prospek ke depannya atau sebaliknya.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin menambah pengetahuan dalam bermain saham online, maka saat ini Anda juga bisa belajar trading saham dengan menggunakan simulasi online trading dengan uang virtual ataupun uang bohongan.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda bisa mempelajari bagaimana trading saham online  terbaik dan lainnya. Meskipun simulasi trading ini nantinya berbeda dengan aplikasi yang menggunakan uang benaran, namun hal ini sangat membantu Anda yang merupakan seorang pemula.

Demikianlah, sedikit ulasan terkait bisnis saham untuk pemula. Bagi Anda yang tertarik untuk terjun ke bisnis jual beli saham maka Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian, asalkan Anda memulai transaksinya secara benar dan tepat. Selain itu, perlu Anda ketahui setiap bisnis yang dijalankan tidak akan pernah luput dari segala risiko yang ada di hadapannya.

Untuk itu, Anda haruslah cerdas dan pandai dalam bermain saham agar bisa meminimalkan berbagai risiko yang mungkin terjadi. Nah, semoga dengan adanya ulasan di atas dapat bermanfaat dan menjadi tambahan bacaan bagi Anda semua yang sedang mencari informasi mengenai bisnis jual beli saham.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *